Target Raih 19 Emas, Menpora Dito Ariotedjo Lepas 130 Atlet ke Asian Para Games Hangzhou

SOLOKINI-Menteri Pemuda dan Olah raga, Dito Ariotedjo melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Para Games (AiPG) IV/2022 di Balaikota Solo, Sabtu (14/10). Sebanyak 130 atlet Indonesia akan berlaga di AiPG 2022.

Upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen ditandai dengan mencium bendera Merah-Putih oleh Chef de Mission Kontingen Indonesia, Angela Tanoesoedibjo serta perwakilan atlet yakni Qonitah Ikhtiar Syakuroh atlet para-bulu tangkis dan M. Fadli Immammudin dari para-balap sepeda.

Menpora Dito menjelaskan, pelepasan ini memiliki makna yang sangat bersejarah bagi kontingen Indonesia. Pelepasan ini sudah menjadi ciri khas karena selalu diadakan di Balaikota Solo.

“Makanya tadi saya sempat bertanya kepada rekan-rekan atlet, ketika mereka kembali dari Asian Para Games nanti, di mana mereka ingin bertemu dengan Presiden Joko Widodo? Mayoritas atlet meminta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi di Solo,” tambah Dito.

Optimisme tinggi ditunjukan oleh CdM, Angela Tanoesoedibjo untuk membawa Indonesia meraih prestasi tertinggi. Atlet telah melakukan latihan dan persiapan maksimal untuk memberikan yang terbaik.

“Semoga target kita merebut 19 medali emas bisa tercapai dan kalau bisa melampaui target dengan melesat ke atas daftar perolehan medali ,” tambah Angela yang juga Wamenparekraf RI.

Sementara itu Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun dalam sambutannya menyerukan kepada atlet untuk berbuat maksimal demi nama bangsa Indonesia.

“Kepada seluruh atlet yang saya cintai, saat ini kalian dituntut untuk berbuat maksimal, mengharumkan nama bangsa ini. Kibarkanlah bendera Merah-Putih di atas langit, kumandangkan lagu Indonesia Raya seperti singa mengaum,” seru Senny.

Kontingen Indonesia yang berkekuatan 130 atlet ini akan berlaga di 12 cabang olah raga. Kontingen Indonesia targetkan bisa menembus posisi 10 besar daftar perolehan medali.