Kesehatan Gus Karim Membaik, Gibran Mengaku Terus Memantau

Gus Karim (kopyah putih) saat bertemu Gibran. (Foto: Kuncoro)

Kesehatan KH Abdul Karim atau Gus Karim dilaporkan terus membaik, setelah sempat dilarikan ke rumah sakit karena sesak napas.

Ikhwal perkembangan kesehatan Gus Karim diinfokan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran memang dekat dengan Gus Karim yang merupakan guru ngaji Presiden Jokowi.Gus Karim yang juga pengasuh Pondok Pesantren Az-Zayadiyy, Laweyan, Solo itu dirawat di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo sejak Minggu, 29 Oktober 2023 karena mengalami sesak napas.

Putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku terus memantau kondisi kesehatan Gus Karim. Berdasarkan laporan yang diterima dari tim dokter yang merawatnya bahwa kondisi Gus Karim semakin membaik setelah mendapatkan perawatan medis.

“Ya nanti kita pantau terus ya. Kemarin sudah dapat laporan dari dokter kondisi Gus Karim sudah cukup membaik,” kata Gibran saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Kamis, 2 November 2023.

Selama dirawat di RST Slamet Riyadi, Gibran mengaku belum sempat membesuk Gus Karim. Hal ini disebabkan Gus Karim harus menjalani perawatan medis secara intensif sehingga belum boleh dibesuk. “Nanti kita tengok kalau sudah dibolehkan untuk menengok,” kata dia.

Seperti diketahui Gus Karim dilarikan ke rumah sakit sejak Minggu, 29 Oktober 2023 lalu. Seperti disampaikan Ketua PCNU Solo, Mashuri bahwa saat itu Gus Karim dijadwalkan akan mengisi khotbah acara pernikahan di masjid Sheikh Zayed Solo.

Hanya saja sebelum memberikan tausiyah, Gus Karim mengeluhkan sesak napas sehingga batal mengisi pengajian dan pulang ke rumah. Setelah itu pihak keluarga membawa Gus Karim ke RST Slamet riyadi, Solo untuk mendapatkan perawatan medis.(*)