Gibran Tak Hadir Dalam Acara PDIP, Jokowi Beri Pernyataan Soal Cawapres

Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK ) pada Senin (16/10/2023) kemarin, Selasa ini ramai beredar kabar rencana deklarasi Gibran Rakabuming Gibran sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto. Sementara Gibran sendiri tak hadir dalam acara PDIP.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, tampak sejumlah orang sedang menata kursi dan memasang baliho bergambar Gibran di sebuah ruangan. Namun tidak jelas jam berapa deklarasi dilaksanakan.

Kabar cawapres Gibran sampai pula ke Presiden Joko Widodo yang sejak Senin kemarin berada di China dalam rangka kunjungan kenegaraan.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa selama dalam lawatannya ditanya pula soal putusan MK. Juga terkait dinamika penentuan cawapres.

“Soal cawapres itu biar parpol yang menentukan,” katanya dalam penjelasan resmi di China.

 

Presiden Jokowi sedang Berada di China (Foto : Setkab)

 

Tak Hadir

Sejauh ini belum ada respons dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkait deklarasi tersebut. Wali Kota sibuk menerima tamu para petinggi kementerian.

Bahkan karena kesibukannya, Gibran absen dalam acara peresmian Kantor DPC PDIP Solo yang digelar pada Senin, 10 Oktober 2023. Peresmian kantor yang terletak di Brengosan, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo itu dilakukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara daring.

 

Peresmian Kantor DPC PDIP Solo dihadiri sejumlah petinggi PDIP Solo seperti Kewtua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Solo yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo dan lainnya.

 

Sedangkan Wali Kota Solo yang juga kader PDIP tidak tampak hadir hingga acara peresmian selesai. Padahal menurut Ketua DPC DPIP Solo bahwa putra sulung Presiden Jokowi itu diundang untuk hadir dalam acara peresmian yang dilakukan Megawati Soekarnoputri secara daring.

 

“Belum tahu saya tapi diundang kok. Mungkin di luar kota atau kemana, saya nggak tahu,” kata dii Ketua DPC PDIP Solo yang akrab disapa Rudy di sela-sela peresmian Kantor DPC PDIP Solo, Senin, 16 Oktober 2023.

Dia juga tidak mengetahui apakah ketidakhadiran Gibran dalam acara perersemian itu sudah izin kepada pengurus DPC PDIP Solo atau belum. Dirinya juga mengaku belum mengecek ke jajaran pengurus terkait alasan absennya suami Selvi Ananda dalam peresmian tersebut.

“Saya belum tahu. Saya belum ngecek dan belum (menelpon). Tanya pak wakil tho, aku kan ra ngerti (saya tidak tahu),” ucapnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan ketidakhadiran Gibran dalam acara tersebut sudah disampaikan oleh ajudannya. Menurut dia, sang ajudan menyampaikan alasan absennya Wali Kota Solo dalama cara peresmian itu lantaran sedang menemui tamu dari Dirjen Perkeretaapian.

“Beliau lewat Pak Yusuf ajudan menyampaikan karena sudah direktur kereta api yang hadir ke Kota Surakarta. Ada beberapa hal yang dimohon oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk beberapa proyek yang ada di Surkaarta,” kata dia.

“Jadi ketidakhadirannya bukan masalah politik atau masalah MK tapi lebih ke pekerjaan rutin beliau sebagai kader partai Wali Kota Surakarta. Secara resmi beliau menyampaikn lewat WA diterima Mas Heru Suprabu (Ketua Bapilu PDIP Solo),” imbuhnya