Babak Akhir Liga Esport Nasional 2023 Dihelat, 6 Tim Berebut Juara

Babak akhir penentuan juara Liga Esports Nasional 2023 bakal digelar pad Jumat-Minggu (1-3/12/2023) di Mahaka Square, Jakarta Utara (solokini/istimewa)

SOLOKINI-Liga 1 Esports Nasional 2023 memasuki tahap akhir, yakni babak play-off. Enam tim bersaing ketat memperebutkan gelar juara mulai Jumat-Minggu (1-3/12/2023) di Mahaka Square, Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Liga Esports Nasional 2023 dimulai dengan babak Liga 1 Series di 4 kota yaitu Palembang, Pontianak, Surabaya, dan Makassar. Dari 12 tim yang bertanding menyisakan 6 tim teratas untuk kembali diadu di babak playoff dan 2 tim terbaik akan bertanding di Grand Final Liga Esports Nasional.

Tim yang bersaing meraih juara di antaranya Borneo FC Esport Samarinda, Onic Miracle JakartaSelatan, Suber 24 Samarinda, Team Gryffin Badung, dan Pajajaran Esports Bogor. Pertarungan yang seru pasti akan terjadi di antara tim yang bersaing untuk menuju e Upper Bracket Playoff Liga Esports Nasional.

Liga Esports Nasional sendiri adalah liga terbuka yang diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PBESI dan Garudaku untuk mencapai prestasi tertinggi di perhelatan esports Tanah Air. Selain itu juga sebagai bentuk konsistensi sistem pembinaan prestasi berkelanjutan.

Antusias masyarakat selama gelaran Series Liga 1 Esports Nasional pun luar biasa. Buktinya, total belasan ribu orang hadir di masing-masing kota penyelenggara. Tidak hanya menikmati pertandingan seru, mereka yang hadir juga dihibur dengan penampilan performer lokal dan cosplay competition serta jajanan unik persembahan UMKM lokal setempat.

Di gelaran playoff dan grand final juga digelar mini games berhadiah total Rp 10 juta untuk pengunjung dan banyak juga hadiah gaming peripheral yang disediakan, game yang akan dipertandingkan di Mini Turnamen nanti ada PES, Tekken 7, MLBB Squad 5v5, Free Fire Solo, dan PUBGM Solo

COO Garudaku Bapak Ricky Setiawan mengatakan Liga Esports Nasional sebagai liga resmi dari PBESI yang terbuka untuk semua masyarakat, tersebar ke seluruh pelosok, tertata dengan baik demi menciptakan tatanan kompetisi optimal. “Liga ini juga sebagai salah satu cara untuk akselerasi kualitas esports di Indonesia, mengingat tim esports yang mengikuti tidak hanya berkompetisi tapi juga mendapatkan edukasi untuk pengelolaan baik secara manajerial dan bisnis di dalam tim nya, ” jelasnya.

Sementara IGM. Kartikajaya, Wakil Ketua Harian Pengurus Besar
Esports Indonesia (PB ESI) juga mengungkapkan Liga Esports Nasional 2023 yang
diselenggarakan oleh PB ESI bersama Garudaku merupakan penegasan misi PB ESI dalam pengembangan esports secara inklusif serta memberikan peluang bagi talenta esports untuk bersinar di panggung esports nasional.

“Kami tidak hanya berupaya untuk meningkatkan prestasi esports Indonesia, tetapi juga bentuk komitmen kami untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekosistem esports secara nyata hingga menyentuh sektor ekonomi kreatif dengan melibatkan UMKM, ” jelasnya.

Menurutnya, kedepan, Liga Esports Nasional diharapkan dapat menyajikan lebih banyak nomor gim, dengan memberikan tempat sejajar untuk gim-gim lokal. “Tak hanya itu, kami juga ingin melibatkan lebih banyak atlet dan tim agar terciptanya panggung yang lebih megah bagi seluruh komunitas esports di Indonesia,” jelasnya.

Sebagai informasi, Liga Esports Nasional adalah liga terbuka yang diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan PBESI serta Garudaku untuk mencapai prestasi tertinggi di skena esports Tanah Air. Sekaligus bentuk dari konsistensi PBESI terkait sistem pembinaan prestasi berkelanjutan.

Sistem Liga Esports Nasional akan terdiri dari beberapa tingkatan, dimulai dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 Esports Nasional. PBESI dan Garudaku juga akan mengatur semua bentuk kompetisi, serta format, lini masa dan peserta liga.

Sistem Liga Esports Nasional mempunyai format hirarki dengan promosi dan degradasi. Tim yang sukses di liga dapat naik lebih tinggi dalam piramida, sementara yang berada di posisi terbawah dapat degradasi lebih rendah lagi.