Ada Haul Habil Ali bin Muhammad Al-Habsyi, Intip Rekayasa Lalu Lintas di Pasar Kliwon Biar Terhindar Kemacetan

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo bakal melakukan rekayasa lalu lintas imbas dari penutupan jalan di ruas Jalan Kapten Mulyadi dari Jumat-Minggu (3-5/11/2023). Penutupan jalan ini dilakukan untuk menunjang acara Haul Habil Ali bin Muhammad Al-Habsyi yang dipusatkan di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Ari Wibowo menjelaskan penutupan jalan akan dilakukan mulai dari Simpang Sangkarah hingga Simpang Baturono. Penutupan ini dilakukan mengingat banyaknya jemaah yang akan mengikuti haul itu.

“Perkiraan jamaah yang hadir bisa sampai ribuan per harinya, jadi dilakukan penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas untuk mendukung acara tersebut,” terangnya.

Seperti diketahui, rangkaian kegiatan Haul Habil Ali bin Muhammad Al-Habsyi ke-112 tahun ini dimulai sejak Rabu (1/11) lalu, sementara puncak acaranya jatuh pada Jumat (3/11) dan Sabtu (4/11). Rangkaian kegiatan tersebut akan berakhir pada Minggu (5/11) pagi.

Penutupan simpang Sangkrah – simpang Baturono akan dilakukan mulai Jumat (3/11) siang mulai pukul 14.00 WIB hingga Minggu (5/11) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Bagi pengguna jalan yang tidak berkepentingan atau hanya sekadar melintas diharapkan bisa mencari jalur alternative lainnya.

“Arus lalin dari Utara yang hendak muju Sukoharjo maupun Wonogiri bisa mengambil jalur alternative via Jl Yos Sudarso. Untuk menunjang itu mulai dari Bundaran Gladak – Simpang Nonongan kami siapkan jadi dua arah,” sebutnta dia.

Sementara, arus dari Selatan Kota Solo seperti dari Kawasan Mojo, Kabupaten Sukoharjo, maupun dari Kabupaten Wonogiri yang hendak ke pusat kota atau ke Utara Kota Solo bisa melintas via Jl Yos Sudarso.

“Agar tak terjadii kepadatan lalin di Nonongan, pengguna jalan dari Selatan bisa memutar lebih jauh via Jl Gatot Subroto atau memutar lebih jauh via Jl Honggowongso sebelum melanjutkan perjalanan melalui Jl Gajahmada dan seterusnya, jelas Ari Wibowo.

Dishub Solo juga menyiapkan sejumlah kantong parkir bagi jemaah mengikuti rangkaian kegiatan Haul Habil Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon. Ada delapan kantong parkir yang disiapkan untuk menunjang kegiatan tersebut.

“Fasilitas parkir yang disiapkan seperti halaman Benteng Vastenbur, Gadung Parkir Ketandan, Taman Parkir Loji Wetan, Alun-alun Kidul, Alun-alun Selatan, Terminal Tirtonadi, Pedaringan, halaman Parkir Galabo, dan Kantor Brimob Semanggi,” paparnya.