Indosat Perkuat Jaringan di Jalur Mudik Jawa Tengah

foto: dokumen Indosat Ooredoo Hutchinson

SOLOKINI-Operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi arus mudik Idulfitri 2024 mendatang. Salah satu persiapan yang dilakukannya yakni dengan mengoperasikan lima mobile base transciever station (BTS) di sejumlah titik di sepanjang sepanjang jalur tol di wilayah Jawa Tengah.

Senior Vice President and Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang menjelaskan untuk menghadapi arus mudik pada momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, pihaknya telah melakukan test drive di sepanjang jalur yang bakal dilalui pemudik di Jawa Tengah. Tes itu dilakukan untuk mengetahui kualitas maupun performa jaringan di sejumlah area yang dilintasi para pemudik.

“Kita melakukan drive test untuk mengantisipasi kualitas atau performance di area-arae yang dilewati pemudik. Beberapa titik di rest area, kita juga akan menyiapkan mobile BTS yang disiapkan kurang lebih dua minggu menjelang Lebaran,” kata dia di Solo, Jumat (15/3/2024).

Rencananya mobile BTS tersebut akan disiapkan di Rest Area KM 360 di Kabupaten Batang, Rest Area  KM 429 di Tol Semarang – Solo, rest are Pemalang dan stasiun yang ada di Pemalang. Menurut dia, lokasi-lokaso tersebut ketika menjelang Lebaran itu menjadi titik kepadatan dari pemudik sehingga dengan adanya tambahan mobile BTS bisa mengantisipasi lonjakan trafik data di spot tersebut.

“Ada lima mobile BTS yang disiapkan di spot-spot tersebut karena kalau menjelang Leabran itu menjadi titik kumpul ataupun persinggahan dari pemudk ya. Harapannya secara kapasitas maupun coverage bisa kita penuhi di jaringan Indosat,” harapannya.

Steve mengungkapkan pada momen Ramadan dan Idulftri nanti bakal terjadi kenaikan trafik data sebesar 14 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya. Selain mengoperasikan mobile BTS, pihaknya juga akan menambah bandwidth di sejumlah daerah yang mengalami peningkatan kedatangan pemudik saat Lebaran mendatang. Lokasi di Solo yang bakal ditambah kapasitas bandwidth jaringan meliputi Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, Taman Bale Kambang, dan Solo Safari.

“Ya sebenarnya sama, pertama kita melakukan optimasi. Kedua, kalau secara utilitas di atas 90 persen, kita akan menambahkan bandwidth atau capacity di spot-spot yang meng-cover area pemudik. Selain Solo, titik yang paling banyak pemudiknya tahun lalu itu di di area Wonogiri. Kita sudah menyiapkan  ya kapasitas uprgrade untuk mengantisipasi lonjakan traffic dan kita sudah menyiapkan tim yang stanby 24 jam seminggu sebelum Lebaran,” ucapnya.

Sementara itu untuk memeriahkan momen Ramadan di Solo, Indosat Ooredoo Hutchison menggelar Pasar Ramadan IM3 di The Park Mall Solo Baru mulai 13 – 31 Maret 2024. Acara tersebut diikuti sejumlah UMKM kuliner lejen dan kuliner khas Solo.

Solo menjadi satu dari 10 kota yang dipilih Indosat untuk menggelar Pasar Ramadan IM3. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dari Indosat Ooredoo Hutchison.